[Fisika Dasar] Gerak Melingkar Beraturan

Gerak melingkar beraturan

         Gerak melingkar adalah gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap. Agar suatu benda dapat bergerak melingkar ia membutuhkan adanya gaya yang selalu membelokkan-nya menuju pusat lintasan lingkaran. Gaya ini dinamakan gaya sentripetal. Suatu gerak melingkar beraturan dapat dikatakan sebagai suatu gerak dipercepat beraturan, mengingat perlu adanya suatu percepatan yang besarnya tetap dengan arah yang berubah, yang selalu mengubah arah gerak benda agar menempuh lintasan berbentuk lingkaran.

Sebusah benda yayng bergerak melingkar beraturan mempunyai besasr kecepatan tetap, namun arahnya setiap saat berubah.

Percepatan dari benda melingkar beraturan disebut juga sebagai percepatan sentripetal yaitu percepatan yang mengubah arah benda yang bergerak melingkar.

Setiap gaya yang bergerak menuju pusat lintasan lingkaran disebut gaya sentripegal. Tetapi, setiap benda yang mengalami gaya sentripegal tudak bergerak menuju pusat lingkaran karena terdapat gaya fiktif yang melawan gaya sentripegal, yaitu gaya sentrifugal.

 

 

Dalam percobaan yang saya lakukan bersama kelompok, bertujuan untuk memahami konsep dari GMB, menentukan besar gaya yang bekerja pada benda yang berputar, dan menentukan percepatan gravitasi g dengan menggunakan cairan yang berputar.

Jurnal GMB

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *